kenangan

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Jumat, 28 September 2012

Jenis-jenis Kepribadian



Mengenali diri sendiri untuk menemukan jati diri membawa kita kedalam kesuksesaan, baik material maupun kerohaniaan. Kita akan menyimak berbagai informasi mengenai jenis-jenis kepribadian, diantaranya adalah kepribadian berdasarkan cairan tubuh, eeneagram, golongan darah dan carerr key. Dari semua jenis tersebut kita bisa mempelajari posisi kita, sehingga menunjukan bahan evaluasi untuk diri kita menuju yang lebih baik lagi.


tipe kepribadian manusia yang dikemukakan oleh Socrates
berdasarkan cairan tubuh yang dominan. Pembagiannya  yaitu:
1.       Sangunius
2.       Melankolis
3.       Kholeris
4.       Phlegmatis
Orang sanguinis, adalah orang yang mudah bergaul, ceria dan selalu menjadi pusat perhatian dari orang-orang disekitarnya. Namun kelemahannya adalah sifatnya yang moody, atau tergantung suasana hati. Profesi yang biasanya cocok untuk orang sanguinis adalah entertainment.
Orang melankolis, adalah orang yang prefeksionis, yaitu suka hal-hal yang detail dan membutuhkan ketelitian. Nah karena dia itu sifatnya prefeksionis menjadikan suka menunda-nunda pekerjaan, sampai terasa suasana yang sempurna.
Orang kholeris, adlah orang yang mempunyai jiwa kepemimpinan. Wibawa dan kemauannya sangat kuat. Tapi kelemahannya itu dia tidak suka disuruh-suruh, dia lebih suka menyuruh. Nah, siapa saja sih biasanya orang kholeris ini? Mereka itu adalah pemimpin-pemimpin besar, seperti manager atau bahkan presiden.
Orang pheglamatis, adalah orang yang cinta kesejahteraan, sifatnya damai dan tak mau repot. Namun kelemahnnya adalah dia mudah menyerah dan mengalah.

9 Tipe Kepribadian berdasarkan Enneagram :
1. Reformer / Perfeksionis
2. Giver / Helper
3. Achiever/ Motivator/ Performer
4. Romantic / Artist/ Individualist
5. Observer / Thinker / Investigator
6. Loyalist / Pessimist
7. Generalist / Optimist / Adventure
8. Challenger/ Leader / Boss/ Protector/ Intimidator
9. Peacemaker / Mediator/ Accomodator

1. Reformer / Perfeksionis
Seorang yang rasional dan sangat idealis. Punya jiwa kuat dalam membedakan benar dan salah. Umumnya seorang guru, atau agen perubahan (agen reformasi). Ingin selalu memperbaiki yang salah. Tapi terkadang terlalu kritis dan terlalu perfeksionis.
 
2. Giver / Helper
Seorang yang berjiwa merawat, peduli kepada sesamanya. Berhati lembut, tulus dan empati kepada orang lain. Mau berkorban untuk orang lain. Suka membantu orang lain. Namun terkadang terlalu sentimentil (perasa). Terkadang punya masalah dalam hal menyampaikan kebutuhannya sendiri kepada orang lain. Menuntut orang lain mengerti kebutuhannya.

3. Achiever/ Motivator/ Performer
Seorang yang berorientasi pada prestasi. Energik, bersemangat, percaya diri. Punya ambisi untuk maju. Terkadang terlalu berpikir tentang pandangan orang lain terhadap dirinya. Terlalu gila kerja dan terlalu suka bersaing untuk menang.
 
4. Romantic / Artist/ Individualist
Seorang yang sensitif dan introspektif (melihat kedalam diri sendiri). Kreatif, dapat mengekspresikan diri. Terkadang emosinya berubah-ubah (moody). Terlalu menarik diri dari pergaulan. Kurang nyaman bertemu banyak orang. Terkadang mengasihani diri sendiri.

5. Observer / Thinker / Investigator
Seorang yang memiliki otak cerebral kuat. Punya rasa penasaran tinggi. Ingin mengetahui sesuatu secara mendalam. Mampu berkonsentrasi terhadap keahlian-keahlian yang rumit. Mandiri. Inovatif. Dan punya kemampuan inventif (menemukan sesuatu). Terkadang terlalu asyik dengan konsep-konsep gagasannya sendiri. Dapat melihat dunia dengan cara pandang yang berbeda. Terkadang terlalu memisahkan diri dari bertemu banyak orang.
 
6. Loyalist / Pessimist
Seorang yang terlalu menekankan rasa aman. Punya komitmen. Bertanggungjawab, dapat bekerja keras. Sering meragukan diri sendiri. Kurang yakin dan kurang percaya diri. Kurang bisa mengambil keputusan.
 
7. Generalist / Optimist / Adventure
Seorang yang selalu sibuk. Punya sikap terbuka terhadap orang lain. Berjiwa spontan. Bersemangat. Selalu optimis dan yakin pada diri sendiri. Terkadang kurang disiplin mengerjakan satu hal. Kurang fokus. Selalu mencari pengalaman-pengalaman baru. Kurang bisa bersabar.
 
8. Challenger/ Leader / Boss/ Protector/ Intimidator
Seorang yang dominan. Percaya diri. Berjiwa melindungi. Gaya bicara langsung pada intinya. Terkadang cenderung egois dan mendominasi. Merasa dia harus mengendalikan lingkungan, dan orang-orang di sekitarnya. Cenderung mudah marah (temperamental).
 
9. Peacemaker / Mediator/ Accomodator
Seorang yang easygoing. Bisa mempercayai orang lain. Bisa menerima orang lain. Emosinya stabil. Cukup kreatif dan optimis. Terkadang harus mengajak orang lain untuk bepergian untuk mencari rasa aman. Selalu menghindari konflik. Tidak suka berselisih. Namun terkadang bersikap keras kepala.


Tipe kepribadian menurut  golongan darah
Menurut sumber dari media elektronik, kompas.com menyebutkan bahwa Selain zodiak, golongan darah juga dianggap sebagai salah satu indikasi penentu sifat dan kepribadian seseorang. Meski tak ada bukti ilmiah yang menguatkan hal ini, akan tetapi sangat dipercayai oleh sebagian besar masyarakat Jepang.

1. Golongan darah A
Orang dengan golongan darah A merupakan tipe orang yang bersungguh-sungguh, masuk akal, sabar, dan setia. Mereka termasuk orang yang cerewet, dan mudah tegang dalam berhubungan.

2. Golongan darah B
Orang bergolongan darah B tergolong orang yang liar, penuh gairah, kreatif, dan kuat. Sayangnya mereka memiliki sifat yang egois, dan kurang bertanggung jawab.


3. Golongan darah AB
Orang bergolongan darah AB  merupakan orang yang cool, rasional, ramah, dan mudah beradaptasi. Mereka adalah sahabat yang baik untuk pasangannya. Mereka juga sangat mudah jatuh cinta, namun merupakan tipe pasangan yang tidak akan mencintai Anda seperti Anda mencintai mereka. Mereka juga termasuk orang yang sedikit kritis.

4. Golongan darah O
Orang bertipe O hangat dan penuh dengan cinta. Mereka tipe orang yang sangat romantis, dan penuh dengan kejutan yang akan membuat Anda meleleh, bahkan di saat Anda tak mengharapkannya. Sayangnya, mereka tipe orang yang pencemburu, sedikit sombong, dan arogan. Tak jarang mereka akan memeriksa daftar telepon dan SMS di ponsel Anda karena rasa cemburunya. 



6 Tipe Kepribadian Manusia berdasarkan teori Jhon Holland yaitu career key, umumnya manusia di bedakan dalam enam tipe kepribadian yaitu:

1. TIPE REALISTIK
Digambarkan sebagai orang yang memiliki skill bekerja dengan mesin alat, atau binatang, saran pekerjaan hindari pekerjaan uang bersifat aktivitas social seperti mengajar, penyembuhan dan penyuluh. Orang dengan tipe kepribadian seperti ini biasanya melihat diri mereka sebagai pribadi yang praktis mekanis dan realistis contoh pekerjaan dalam lingkup ini adalah Engineer, pilot atau petugas polisi.

2. TIPE INVESTIGATIF
Disebut-sebut sebagai orang yang gemar dan pandai memecahkan masalah . saran pekerjaan hindari pekerjaan yang sifatnya memimpin ,menjual atau mempersuasi orang lain. Adalah seorang presisi , scientific dan intelektual. Contoh pekrjaan yang cocok dengan tipe ini adalah ahli kimia, dokter gigi, physician, dan ahli matematik.

3. TIPE ARTISTIK
Tertarik dengan aktifitas seni , drama , keterampilan tangan, menulis sastra.adalah pribadi yang ekspresif, orisinil, dan independen. Saran pekerjaan hindari aktivitas yang rutin dan serta berulang. Pekerjaan yang sesuai adalah designer, editor buku, composer, dan graphic designer.

4. TIPE SOSIAL
Suka menolong sesama serta pandai melakukan kegiatan seperti mengajar, konseling,merawat atau memberi informasi. Ia sosok yang mempunyai empati dan jiwa social yang tinggi. Pribadi yang suka menolong, bersahabat, dan bisa dipercaya. Contoh pekerjaan yang cicok guru, psikolog,konselor, perawat, pekerja social.

5. TIPE ENTERPRISING
Suka memimpin, mempengaruhi orang lain dan menjual gagasan. Adalah pribadi yang enerjik, ambisius dan bisa bersosialisasi. Hindari aktifitas yang membutuhkan observasi mendalam dan pemikiran analitis Kerja dibidang sales, agen real estate, pengacara, hakim, manajer hotel.

6. TIPE KONVENSIONAL
Suka bekerja dengan angka-angka ,berkas-berkas, dan segala yang serba teratur. Adalah pribadi yang teratur dan mengikuti system yang sudah baku. Saran pekerjaan hindari aktifitas yang tidak terstruktur dan tidak jelas. Contoh pekerjaan sekretaris, teller bank.




Tidak ada komentar: