kenangan

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Senin, 24 September 2012

Wanita pertama masuk syurga



Pernahkah terselip dalam pikiran anda untuk bertanya “siapa sih wanita pertama yang masuk surga di akhirat kelak? Sebuah pertanyaan iseng yang kalau dipikir-pikir itu bikin penasaran juga kan?
Jika anda penasaran maka anda sama seperti siti Fatimah, Putri Rasullullah. Ia berniat menanyakan hal ini kepada ayah handanya.

Lalu, apakah anda menduga bahwa wanita yang pertama masuk surga adalah siti Fatimah? Atau ibunda beliau siti khadijah? Atau siti Aisyah? Atau keluarga rosul lainnya? Jika iya, maka jawaban anda ternyata belum tepat.

Inilah hebatnya islam, tidak mengenal nepotisme, hehe. Dalam sebuah ceramah agama, akhirnya terjawablah rasa penasaran saya. Wanita yang pertama kali masu surge adalah seorang wanita yang bernama Muti’ah. Anda kaget? Sama seperti siti Fatimah ketika itu, yang mengira dirinyalah orang pertama yang masuk surga.


Siapakah Muti’ah? Karena rasa penasaran yang tinggi, siti Fatimah pun sama mencari tahu siapa yang bernama Muti’ah. Kali ini ia ingin bersilaturrahmi ke rumah wanita tersebut, ingin melihat lebih dekat tentang kehidupannya. Dan tentu ingin melihat ibadah macam apa yang telah dilakukannya? Apakah anda juga ingin melihatnya dari dekat? Tentu saja anda bisa.

Setelah bertanya-tanya, akhirnya siti fatimahmengetahui rumah Muti’ah. Ia berkunjung dengan anaknya yang masih kecil, setelah mengetuk pintu terjadilah dialog.

“Di luar, siapakah?” Tanya muti’ah.
“saya Fatimah, putrid rossullulloh.”
“oh iya, ada keperluan apa?”
“saya hanya berkunjung saja.”
“anda seorang diri atau bersama dengan yang lainnya.”
“saya bersama dengan anak saya, Hasan.”
“maaf, Fatimah. Saya belum bisa mendapatkan izin dari saya untuk bertemu laki-laki.”
“tetapi Hasan masih anak-anak”
“maaf tapi tetap saja ia adalah laki-laki. Kembalilah besaok, biar saya meminta izin pada suami saya dulu.”
Keesokan harinya, siti Fatimah kembali berkunjung ke rumah Muti’ah. Selain mengajak Hasan, ia juga mengajak Husein, saudara kembar Hasan. Terjadilah dialog serupa dengan kemarin.

“suami saya sudah member izin bagi hasan, tapi maaf. Saya belum meminta izin untuk kedatangan Husein.”
“baiklah”


Siti Fatimah kecewa, namun rasa penasarannya sangat besar. Apakah anda juga sama? Sama akan terus bersabar untuk mencari jawabannya?
Akhirnya hari esok pun tiba, siti Fatimah dan kedua putranya kembali mengunjungi muti’ah, karena semuanya sudah mendapat izin dari suaminya.

Setelah mencoba mengamati kegiatan dan sikap mutiah, menurut Fatimah, muti’ah juga seperti dirinya dalam hal ibadah. Menurutnya sama saja, tidak ada yang istimewa. Namun ia tetap penasaranjuga. Hingga akhirnya ketika telah lama waktu berbincang, “rahasia” wanita pertama masuk surge itu, terkuak juga. Kemudian, Muti’ah meminta izin untuk pergi ke ladang.

“maaf, saya harus pergi ke ladang.” Muti’ah meminta izin.
“ada keperluan apa?” Tanya Fatimah
“saya mau mengantarkan makanan ini untuk suami saya”
Tidak ada yang salah dengan makanan yang dibawanya untuk suaminya. Namun yang tidak disangka, ia juga membawa cambuk. Untuk apa ya cambuk itu?
“untuk apa cambuk ini muti’ah” Tanya Fatimah.
“setiap hari suami ku pergi ke ladang untuk bercocok tanam. Setiap hari pula aku mengantarkan makannanya. Lalu aku menanyakan apakah makanan ini enak atau tidak, apakah suaminya senang atau tidak. Jika makanannya tidak enak, saya meminta suami ku untuk mencambuk diriku. Ini aku lakukan agar suami ku ridho pada ku, sehingga aku mendapat ridho alloh juga.”

Subhanalloh.. wanita sholehah yang taat pada suami menjadi jawaban rahasia wanita pertama masuk surga. Bagaimana dengan anda, sanggupkah? Sebelum itu, mari kita berdoa untuk mendapatkan jodoh yang sholeh. Karena  wanita sholehah pasti akan mendapat laki-laki sholeh juga. Dan begitupun sebaliknya.

Tidak ada komentar: