kenangan

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Jumat, 28 September 2012

Keputusan dan pilihan


Kita pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata “keputusan”. Tapi apakah kita tahu yang dimaksud dengan keputusan? Dalam kamus umum bahasa Indonesia, kata keputusan didefinisikan sebagai ketetapan atau sikap yang terakhir (langkah yang harus dijalankan).
Kapan saat kita membuat suatu keputusan? Apakah keputusan terjadi saat kita berada dalam pilihan? Tentu tidak. Misalnya saja seseorang yang ingin tiba-tiba duduk, atau seseorang yang ingin tersenyum. Mereka melakukannya karena keputusan mereka untuk duduk dan tersenyum, bahkan saat kita akan menoleh, menggaruk, menguap itu merupakan suatu bentuk keputusan. Jadi keputusan terjadi bukan hanya saat kita berada dalam pilihan saja.
Konteks yang paling sensitive dengan keputusan adalah konteks keputusan dalam pilihan. Keputusan dalam suatu pilihan merupakan sebagai suatu penetapan. Mengambil keputusan tentu memberikan konsekuensi-konsukuensi tertentu baik bagi diri sendiri, maupun orang lain. Dan konsuekensi atau akibat dari keputusan tersebut bisa saja bersifat baik dan buruk.
Namun demikian hal tersebut jangan dijadikan sebagai ketakutan yang berlebihan, sebagai pemimpin atau orang yang berjiwa besar kita harus mampu membuat keputusan. Oleh karena itu, perlu untuk memperhatikan dan memperhitungkan segala sesuatunya sebelum membuat sebuah keputusan.

Kita harus bisa memperhitungkan kelemahan dan kelebihan kita untuk mengatasi konsekuensi keputusan kita, selain itu harus bisa memperhitungkan peluang yang akan kita dapatkan bila mengambil keputusan itu, sehingga keputusan yang kita ambil itu tidak mendatangkan keburukan.
Apakah ada cara dalam memperhitungkan segala sesuatunya untuk suatu keputusan? Tentu saja ada. Menurut berbagai sumber ada sebuah metode yang bersifat analisis, yaitu metode analisis SWOT. Analisis ini biasanya digunakan pada organisasi, industry, pendidikan bahkan dunia bisnis. Apakah SWOT itu?
Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT), dalam bentuk uraiannya adalah:
Strength atau kekuatan adalah suatu yang menjadi kekuatan dan kelebihan yang ada pada diri sendiri, yang dapat mendukung masa depan.
Weakness atau kelemahan adalah sesuatu yang menjadi kekurangan utama dalam pilihan tersebut.
Opportunity atau peluang adalah segala sesuatu peluang yang dapat dieksplorasi
Threat atau ancaman adalah segala sesuatu yang dapat membatasi atau bahkan menggagakan.
Setelah memahami uraian tersebut, kita harus membuat perbandingan secara seksama dari kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman dari masing-masing pilihan yang ada. Sehingga kita dapat mendapatkan kesimpulan untuk dijadikan keputusan.
Bagaimana dengan berdiskusi atau demokrasi dan saran orang lain? Tentu boleh saja, tapi berhati-hatilah. Jika bersifat kepentingan kelompok, lakukanlah. Namun jika bersifat individu, behati-hatilah khususnya bagi orang yang belum punya pendirian (labil). Gunakanlah metode tersebut (swot) dengan baik, itu akan banyak membantu kita.

Tidak ada komentar: