kenangan

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Senin, 24 September 2012

Makna Insya Alloh



Insya Alloh, secara bahasa berarti “jika Alloh menghendaki”. Kalimat ini sering digunakan seseorang muslim jika khendak berjanji melakukan sesuatu. Namun ternyata sekarang kelimat ini telah mengalami banyak penyalah gunaan. Banyak yang menggunakan mengidentifikan insya alloh dnegan keraguaan, bahkan ketidak sanggupan memenuhi janji.
Telah dijelakan dalam al-qur’an surat al-kahfi, ayat 23-24
“dan janganlah sekali-kali kamu mengatakan terhadap sesuatu, sesungguhnya aku akan mengerjakan esok, kecuali (dengan mengucapkan) insya alloh. Dan ingatlah kepada tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah mudah-mudhan tuhan ku akan memberikan petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini”


Pada ayat tersebut Alloh menjelaskan penggunaan insya alloh adalah penegasan ucapan kepastian dan keyakinan, bukan keragu-raguan.
Namun yang istimewa dari makna insya alloh adalah kalimat inya alloh menunjukan tawakal. Bahwa alloh lah yang menentukan segalanya, manusia hanya berencana dan berikhtiar, Alloh yang menentukan hasilnya. Manusia terlalu lemah mengucapkan “pasti” karena alloh dapat berhendak lain.
Maka apa benar apabila, ada yang mengatakan insya alloh itu 99,99% pasti, yang 0,01% adalah factor yang merupakan khendak lain dari Alloh swt.
Maka bila tidak yakin atau tidak dapat memastikan janji, maka jangan mengatakan insya alloh, langsung saja “map saya tidak bisa” Seharusnya kita dapat membudayakan penggunaan kata insya Alloh ini dengan baik dan tepat untuk kebaikan dan bukan untuk  dijadikan alasan untuk menghindari janji.




Tidak ada komentar: