kenangan

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Senin, 24 September 2012

Separuh Bintang


a)                  Dunia ini memang sempit untuk menyembunyikan kisah klasik.
Judul Buku       : Separuh Bintang
Penulis             : Eveline Kartia
Penerbit          : PT Gramedia Pustaka
Tebal               : 320 halaman

b)                  Novel remaja karya Eveline Kartika ini mengandung pemaparan perihal arti cinta, yang telah memiliki filsofi sesamudra dunia. Dalam novelnya ia mengungkapkan bahwa cinta itu tidak butuh alasan.
Kisah yang memakai sudut pandang ketiga tersebut terdapat tokoh utama bernama Chaira yang kemudian berganti nama menjadi ciya, dikarenakan masa silam yang sangat dibencinya, masa suram yang telah menghampiri hidupnya bahkan menghancurkan keluarganya membuat ia enggan disebut chaira. Chaira yang sempat bertahun-tahun depresi berat dan melakukan tindakan diluar masuk akal.
Hidup ditengah-tengan keluarga yang broken home serta kekasih yang dicintainya, billy adalah kakak kandung nya sendiri membuat iya frustasi kronis. Ditambah dengan vonis dari ayah nya untuknya sebagai anak haram. Disusul dengan kepergian ibunya yang meninggal dunia karena sakit dan depresi berat melihat ayah nya meninggalkan mereka. Ditambah aldy kekasihnya yang bunuh diri karena tahu bahwa ciya adalah kakak kandungnya. Walaupun ciya belum mengetahui hal itu. Dan itu membuat tuhan seakan sedang menghukumnya. Namun ciya mulai kembali pada kehidupanya.
Kehidupan barunya mulai dijalani kembali dengan seadanya, yang mendapat keberuntungan menjadi anak angkat dari sebuah keluarga baru untuknya, namun pait rasanya harus kembali ditelan mentah-mentah olehnya, karena yang menjadi saudara di keluarga barunya bernama Rico membuat ia menjadi gadis yang pemarah. Mereka selalu bertengkar, ada saja yang mereka jadikan bahan keributan diatara keduanya. Namun ciya selalu disejukan oleh Aldy, sahabat dari masa kecilnya yang diam-diam sangat mencintainya. Namun yang menjadi belaha jiwan ciya adanlah riko yang akhirnya saling mencintai.


c)                  Ciya adalah seorang gadis remaja yang ceria dan penuh tawa, namn saat masa suram nya itu mengahancurkan senyuman bahkan jiwa nya itu, membuat ia dia sediam mungkin melebihi seseorang yang tunawicara. Walau ciya sempat mendapatkan masa silam yang sangat buruk, dengan penyesalan an penghakiman untuk dirinya sendiri, kini ciya berhasil kembali menata hidupnya, walau terjatuh kembali tapi kali itu ciya menyikapinya dengan hal sewajarnya dan cepat pulih kembali. Kebahagiaanya lengkap ketika ia telah bersama kekasihnya.

d)                  Pembaca sangat bisa terbawa suasana dan terlarut dalam cerita, bahasa yang disuguhkan merupakan bahasa yang dikonsumsi para remaja, yaitu bahasa yang berasal muasal dari betawi, dengan ungkapan “gue dan elo” membuat langsung akrab dan menyatu dengan pembaca.

e)                  Klimaks yang disajikan sangat menggereget pembaca dan menumpah ruahkan derai air mata. Kisah yang sulit ditebak-tebak oleh pembaca setiap membaca pada lembaran selanjutnya menyelipkan daya tarik luar biasa bagi pembaca, menggugah rasa penasaran untuk tetap membuka lembaran selanjutnya. Kisah tersebut yang menyatukan semuanya dalam satu kenyataan mengartikan seakan bahwa turut mendorong pernyataan bahwa dunia ini memang sempit. Kekhasan novel ini sangat melekat terhadap klimaks yang pasang surut dengan ditutup penyelesaian klimaks dan kisah dengan bungkusan atau kemasan yang menarik. Novel yang sukses mambawa pembaca pada keinginan membuka habis lembaran kisah itu. Judul dengan kesusuaian isi melengkapi kepuasan pembaca.

f)                   Lebih heboh, jika pembaca menemukan beberapa ilustrasi gambar sesuai cerita yang bisa diselipkan di noevel itu. Pembaca akan semakin lebih terhanyut kedalam kisah itu.

g)                  Eveline Kartika, penulis berkarater periang tersebut, Menggelincirkan pembaca mengkonsumsi novelnya dengan kekaguman luar biasa. Kisahnya yang sesuai dengan porsi remaja membuat pembaca terhanyut dalam kisahnya.


Tidak ada komentar: