kenangan

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Rabu, 29 Agustus 2012

Ayah, mengapa aku berbeda


a)      Rencana tuhan yang paling indah
Judul Buku      : Ayah, Mengapa aku Berbeda.
Penulis             : AgnesDavonar
Penerbit           : Intibook publishing, 2011
Tebal               : 230 Halaman

b)      Novel yang berhasil dibukukan oleh dua bersaudara, kakak adik yaitu Agnes dan Danovar yang memulai karirnya di blog,  berawal dari kcerita-cerita yang ia tuliskan di blog nya. Lalu banyak permintaan dari para pembaca online setianya, sehingga kisah ini dibukukan dengan berhasil terjual lebih dari 2000 exemplar. Kisah ini menguatkan arti kebesaran dan kuasa tuhan yang memiliki rencana indah untuk semua umatnya. Tujuh bab yang menguras air mata disetiap lembarannya ini, mengisahkan bagaimana kehidupan yang dijalani seorang anayk yang cacat sebagai tuna runggu. Kisah kesetiaan ayah kepada istri tercinta yang diceritakan kembali menjadi sebuah kenangan tersebut membuat kisah ini beralur campuran, maju dan mundur. Ada satu pertanyaan yang belum saya temukan jawabannya. Apakah anak tuna runggu tersebut adalah menunjukakan bahwa ridho orang tua adalah ridho tuhan juga.  Ayah nya yang menyukai bakat memainkan viano mendapat beasiswa sekolah music, sehingga mempertemukannya dengan ibu nya yang merupakan senior dari ayah nya. Jarak usia mereka terpaut tiga tahun namun tidak melepas rasa cinta ayahnya terhadap ibu nya yang  sejak pandangan mata tersebut. Keduanya sempat dipisahkan selama lima tahun. Namun kembali dipertemukan. Keluarga ibu yang kaya raya membuat ayahnya tidak diterima yang hanya sebagai karyawan biasa dan dari keluarga penjual roti. Kemudian mereka memmutuskan untuk tetap menikah bersama dengan cara ibu kabur dari rumah yang membuat keluarga ibunya tidak mengakui ibunya bagian dari keluarga. Mereka pergi dan menetap di Amerika. Sedangkan ibu dan ayah menetap di kampong halaman ayah, di Semarang. Mereka hidup bahagaia, setahun kemudian mereka di karuniai seorang bayi, dalam kehamilan itu, semakin besar kandunannya semakin terlihat sakit dan menderita. Sejak awal ibu dan ayah telah diberitahu bahwa kandungan itu  sangat berbahaya untuk nyawanya, namun ibu tetap tidak ingin membunuh bayi itu dengan cara menggugurkannya. Dan ayah pun tak bisa berbuat apa-apa. Ia sangat mengerti arti bayi itu untuk ibu. Ayah memiliki rhesus darah positif, sedangkan ibu negative dan itu sangat bertolak belakang yang membuat anak dalam kandungan itu memiliki darah positif ayahnya yang membuat tubuh ibu itu menolak kandungan itu. Sehingga anak itu lahir premature dan cacat sebagai anak tunarunggu, yang ditinggalkan pergi untuk selamya oleh ibu yang telah memlihanak dalam kandungan itu untuk tetap hidup. Dan di beri nama Angel sesuai nama ibu nya. Sehingga angel pun sangat mirip dan bagaikan pinang dibelah dua dengan ibunya. Ia juga mewarisi semua sifat dan bakat ibunya.


c)      Kisah yang menceritakan kehidupan anak tuna runggu sebagai tokoh utama tersebut, memakai sudut pandang orang pertama. Gadis tuna runggu yang memiliki kecerdasan intelektual dan memiliki bakat bermain piano tersebut, bernama angel. ia anak yang pandai dan tak mudah menyerah. Selalu berpikir positif dan tiada henti berkomunikasi dengan tuhan, melaului doa dan cerita-cerita yang ia panjatkan. Gadis yang awal bahagia tinggal di Semarang dan di sekolah kan di sekolah luar biasa tersebut, membuat ia bahagia sesaat  ketika ia harus pindah tinggal sekaligus menuju sekolah baru. Sekolah umum dimana ia akan bmengahadapi masyarakat normal. Ia giat belajar bahasa tubuh dari ayah dan neneknya. Ia juga mulai diajarkan untuk menggunakan nota saat berkomunikasi dengan orang normal. Di sekolah baru nya angel, sempat mengalami penolakan karena factor cacatnya.






Namun akhirnya angel bisa diterima di sekolah baru itu. Angel dengan kecerdasannya mudah memahami perkataan orang lain padanya melalui expresi wajah. Di sekolah itu ia hanya memiliki satu sahabat bernama hendra yang menjadi teman satu bangkunya da selalu ada untuknya. Semua temanya yang lain tidak berani mendekati angel karena angel sangat dibenci oleh jagoan sekolah tersebut yang sangat kejam, dan tak menyangka bahwa mereka perempuan. Agnes dan kedua kawannya sangat benci terhadap angel, ia diperlakukan kaar bahkan di fitnah mencuri di supermarket yang membuat ayahnya kecewa padanya dan ia sangat sakit ketika ayahnya tidak percaya bahwa ia tidak melakukan hal itu.

d)     Kisah yang disuguhkan memunculkan bahasa yang kasar seperti budek, tolol, bodoh dan tuli. Lalu bahasa dalam untaian doanya sangat menyentuh dan canti tersusun.

e)      Ketegaran angel dan keyakinanya akan rencana dan kuasa tuhan sangat patut pembaca untuk mengaplikasikannya. Semangatnya yang sangat besar demi rasa cintanya terhadap ayahnya membuat ia berbakkti pada ayahnya. Saat ia memsuki klub music dan sangat dinilai mustahil oleh teman-temannya, karena music yang dimainkannya tidak dapat ia dengar salah atau tidak nadanya, membuat ia dikucilkan dan mendapat perlakuan lebih kasar dari agnes. Namun angel menunjukan kepada pembaca bahwa tidak boleh menyerah. Dan harus terus yakin itu kerikil menuju kebahagian. Hingga akan dilaksanakan sebuah konser music, ketegaran angel semakin membuat pembaca salut, ia harus sekelompok bersama denga agnes alam tampil nanti, selama satu bulan ia diperlakukan kasar hingga tangannya tejepit pintu oleh ulah agnes. Namun kembali menunjukan bahwa rencana tuhan itu indah. Higga pada waktu konser tiba angel diperlakukan dengan memakai baju nenek sihir dan compang camping serta make up badut, dan agnes membatalkan tampil.






Namun angel tetap tampil denan pakaian seperti itu demi melihat ayahnya yang turut menyaksikan konser itu. Pembaca kembali bisa mengambil pembelajaran dari hal itu. Angel tidak pernah melaporkan dan mempepanjang masalah itu ke pihak sekolah atau ayahnya. Ia cukup tersenyum bahwa ia yakin ini semua pembelajaran untuk yang diberikan tuhan untuk menjadi anak yang tergar. Pembaca dibuat melelehkan air mata.

f)       Yang menjadi pertanyaan saya pada hal awal, menginginkan untuk dibahas dalam hal it. Agar para pembaca bukan saja hanya terkagum-kagum terhadap kesetian ayahnya terhadap ibunya yang sangat dicintai ayahnya. Yang bahkan tidak mencari wanita pengganti unutk ibunya tersebut. Dan meyakinkan bahwa angel adalah pengganti ibunya tersebut, yang lebih dari cukup membuat dia bahagia merawatnya. Kisahnya pada masa SD membuat pembaca mengerutkan dahi, karena masa-masa SD dimana anak-anak lucu dan menggemaskan adalah tempat di masa itu namun pada cerita itu sudah digambarkan bagaimana tokoh antagonis itu, dan bahkan melebihi tokoh antagonis untuk tingkat SMA. Itu sangat disayangkan pembaca karena terlalu antagonis dan dapat merusak citra nakak SD.

g)      Agnes dan Danovar berhasil menjadi blogger papan atas dan penulis best seller yang turut menyemarakan karya sastra Indonesia. Kisah nya yang menuras air mata menitikan berjuta lautan makna. Pembelajaran dan kuasa tuhan yang diperlihatkan, turut melengkapinya.  Kisah yang meninggalkan pertanyan dan kurang sesuai dengan porsi tingkat sekolah dasar membuat novel ini semakin menggemaskan pembaca.

Tidak ada komentar: