kenangan

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Senin, 22 Oktober 2012

Bulan Bahasa 2012


CIBINONG, PESAT NEWS- Rabu 17 Oktober 2012 SMA Plus PGRI Cibinong melaksanakan kegiatan Apresiasi Budaya Bahasa. Kegiatan yang biasa disebut dengan kegiatan bulan bahasa merupakan kegiatan rutin dalam program sekolah. Beberapa kegiatan tersebut yaitu lomba-lomba bahasa dan parade budaya. Lomba bahasa melibatkan empat budaya, yaitu bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Sunda dan Bahasa jepang. Sedangkan untuk parade budaya melibatkan siswa-siswi  menampilkan kekhasan dari setiap budaya di tanah air. Misalnya saja kelas XII IPS 2 yang menampilkan budaya Sumatra utara lengkap dengan pakaian adat, lagu daerah hingga makanan khas Sumatra utara.

Menurut ketua panitia, Muzai yanah S.Pd menjelaskan bahwa, kegiatan bulan bahasa yang bertema Menumbuhkan kegemaran belajar bahasa dan mengapresiasikan budaya nusantara, merupakan kegiatan yang sekaligus dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda. Ia juga menjelaskan bahwa tujuan diadakannya kegiatan bulan bahasa, salah satunya adalah untuk menumbuhkan kreatifitas menggunakan keterampilan berbahasa.

Kegiatan lomba-lomba dilaksanakan dibeberapa ruang, seperti ruang aula untuk english song, dan ruang kelas untuk pembaca berita. Adapun kategori lomba bahasa yaitu bahasa Indonesia meliputi lomba pembaca berita, Musikalisasi puisi, dan pembawa acra. kemudian lomba bahasa Inggris meliputi lomba English song, story telling, dan presentasion school. Dan lomba bahasa jepang meliputi uta, kana kontes dan manga. serta untuk lomba bahasa sunda meliputi lomba mendongeng, dan  tembang sunda .

Sejak pukul 07.00 WIB suasana SMA Plus PGRI Cibinong sangat berbeda. Siswa-siswi merapikan diri untuk menyambut kegiatan bulan bahasa. Sebelum kegiatan dimulai, siswa-siswi berjajar rapi untuk mengikuti upacara, lapangan nampak berkilau indah terpandang, barisan yang tesusun rapi semakin memukau dengan kostum yang dikenakan oleh siswa-siswi. Dari sabang hingga merauke menyapa dalam tatapan persaudaraan. Semua terasa ada, saudara-saudara yang jauh disana melekat dalam jiwa. Bhineka tunggal ika benar-benar semakin terasa. Tiupan angin pagi itu benar-benar berbeda, semangat siswa-siswi sangat terasa istimewa.


Para peserta menyatakan bahwa, budaya bangsa adalah kekayaan Indonesia. Mereka juga mengaku sangat bangga bersekolah di SMA Plus PGRI Cibinong yang memiliki banyak kegiatan spektakuler dalam membina siswa-siswi. Mereka juga mengaku sangat bangga ketika mengenakan kostum daerah serta menyaksikan adat dan kekhasan budaya nusantara secara langsung di lingkungan sekolah.

Senyuman para guru tercinta nampak terpancar penuh kebanggaan dan keharuaan akan semangat siswa-siswi dalam melestarikan budaya bangsa. Kegiatan istimewa itupun dibuka langsung secara resmi oleh kepala sekolah, Dr. H. Basyarudin Thayib M.Pd disertai pukulan gong sebagai tanda dimulainya acara. Antusias siswa-siswi sebagai peserta semakin nyata tampil dalam melestarikan budaya bangsa.

Seusai upacara, para peserta lomba dan parade budaya mulai melakukan registrasi ulang. Para peserta lomba bahasa memasuki berbagai ruangan sesuai jenis lomba, sedangkan parade budaya mulai mengitari rute parade yang sudah ditentukan. Di berbagai ruangan lomba sangat mengejutkan, para peserta yang berposisi sedang berkompetisi nampak tak terasa sedang berkompetisi, tak terlihat ketegangan pada wajah mereka yang akan tampil lomba, namun sebaliknya rasa hangat persaudaraan terasakan, saat para peserta lomba saling memberikan senyuman dan dukungan, meskipun berposisi sebagai lawan lomba. Tepuk tangan yang membahana menambhakan kegembiraan dan semangat para peserta.

Para juri lomba mengaku bahwa, para peserta lomba sangat berupaya tampil totalitas dalam mengapresiasikan budaya bangsa, dengan talenta-talenta para peserta yang berbeda ditampilkan dengan maksimal dan penuh kesungguhan. Benar saja, talenta-talenta pada generasi bangsa itu sangat luar biasa terpantau, mereka sangat percaya diri menampilkan yang terbaik serta berlomba secara sportifitas dalam kekeluargaan.

Lomba parade budaya menjadi daya tarik yang luar biasa, parade budaya yang dilakukan oleh para peserta dari setiap kelas, beranggotakan sepuluh orang dengan dua maskot utama. Para peserta mengitari rute parade dengan suka cita dilengkapi dengan tarian daerah hingga lagu-lagu daerah yang dinyanyikan dengan penuh kesungguhan dipersembahkan dalam senyuman kebanggaan.

Rasanya kegaiatan bulan bahasa memang selalu dirindukan, terbukti dengan datangnya para alumni SMA Plus PGRI Cibinong pada setiap kegiatan bulan bahasa dilaksankan. Misalnya saja para alumni dari kelas bahasa yang datang dan bahkan memberikan penampilan persembahan lagu kepada para peserta uta untuk lebih semangat dalam mengikuti lomba. Mereka mengaku bahwa kegiatan bulan bahasa seperti ini sangat jarang ada dilaksanakan.

Kegiatan selesai pada pukul 16.00 WIB. Dari hasil kegitan lomba bahasa dan lomba parade budaya akan diumumkan jura satu, dua, dan tiga dari setiap jenis lomba. Hadiah yang akan diberikan berupa sertifikat dan tabungan wisata. “para pesertaya semuanya bagus, dan tampil sangat istimewa. Tapi saya tetep optimis dan akhirnya setelah berusaha tampil maksimal, saya bisa dapet juara. seneng banget, bisa juara satu. Semoga kegiatan bulan bahsa tahun depan akan semakin seru.” Ungkap Fika Rahmawati yang mendapat juara satu lomba pembaca acara.

Namun bagi siswa-siswi yang belum berhasil mendapatkan juara, mereka nampak tetap semangat dan terlihat senang. Merekapun kembali pulang dengan hati riang, menunggu dengan tenang, kegiatan bulan bahasa di tahun yang akan datang (FRP)

Tidak ada komentar: