kenangan

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Jumat, 11 Mei 2012

Jatah tahunan Student Day Jurnalististik


Tam5ya nya Jurnali5
Kunjungan ke tiga jenis Media

Bersorak gembira bersama-sama saat jatah kami sudah di depan mata, bertamasya yang berbobot makanan pokok Student Day Jurnalistik itu akhirnya menyapa juga. setelah satu tahun lamanya menebak-nebak terlaksana tidaknya. Kantor Redaksi Metro TV, Okezone.com dan Jawa Post menjadi rute tama5ya kami. Dengan biaya yang super ekonomis menambah semangat kami, biaya tersebut hanya untuk akomodasi transportasi saja, karena yang menjadi objek ini bukan seperti tempat wisata umumnya. Setiap media dengan lapang dada tak memungut biaya apa-apa jika akan berkunjung kesana.

Sumber Foto: Jurnalistik


Pagi-pagi buta kami disemangati oleh mini bus berwarna pink dengan kombinasi ungu yang berkapasitas sekitar 40 orang dengan panggilan akrabnya, Medal Jaya. Kantor Kelurahan kecamatan Cibinong tetap menjadi pilihan favorit dalam urusan janjian dan jadi patokan. Ya, kami setuju. Dan kami juga pilih tempat tersebut sebagai patokan berkumpul. Beruntung, cuaca pagi hari itu tersenyum kepada kami, dan seuntaian doa muncul terpanjat, berharap kegiatan berjalan lancar dari mulai pemberangkatan hingga bagian senyum pepsoden bersama-sama dilayar kamera. Namun untuk hal “nyasar jalan” kami tak terlalu khawatir, selama itu tak terlalu lama. Karna kapan lagi keliling-keliling Jakarta. hehehe

Selama perjalanan beraneka ragam kegiatan crew Jurnalistik terpantau di bangku bus masing-masing. Dari yang melanjutkan tidur, karena biasa bangun siang, terjadi barteran makanan ataupun sekedar menyumbangkan suara walaupun tak bernada, hingga yang berbinar-binar menata bayangan gedung-gedung Media yang besar. Bus kami melaju dengan kecepatan normal yang di setting oleh pak kamto (47), sopir mini bus Medal jaya. Benar saja, kegiatan tanya menanya dengan penduduk ibu kota itu terjadi, untungnya tak terlalu lama dan kita sampai juga.

Terpampang  petunjuk jalan, jalan kebon Jeruk, Jakarta Barat yang terintip dari kaca mini bus itu menghiruk pikukkan kami bersiap-siap untuk turun. Mulai memasuki kawasan Metro Tv kami disambut dengan ke-khasan Metro TV yaitu sang Garuda. Sebenernya kami ketiban rezeki nomplok juga karena selain ke Metro TV kami juga sempat mengunjungi  Media Indonesia karena kantornya bersebelahan dan masi saudraan dengan Metro Tv.

Rezeki nomplok di Metro TV..
Setelah menempatkan posisi parkir bus, kami menyerupai bebek-bebek yang tertib berbais untuk turun dari bus, ya.. kami belajar berbudaya antri. Kantor Redaksi Metro Tv yang berlokasi di Jl Pilar Mas Raya Kav. A-D, Kedoya - Kebon Jeruk Jakarta 11520 - Indonesia Telepon : +6221 - 58300077 Fax : +6221 – 58300066. Dengan gedung berlantai dua.
Kami disambut hangat oleh bagian PR Officer Metro Tv mba Dewi Indah Hanggono, yang sangat cantik dengan rambut panjang yang terurai, memakai kacamata dan berbadan langsing, menggunakan seragam Metro Tv dan rok pendek, cerminan para sekertaris.

 untuk masuk ke media biasanya kita hanya diminta kartu pengenal untuk di tukar dengan kartu tamu pada media tersebut, sampai watu kunjungan selesai. Kawasan pertama yang kami kunjungi adalah lobi utama metro Tv, dan saat itu sedang berlangsungnya acara ? yang bintang tamunya adalah The Cangcuters, yang bikin merem melek para crew Jurnalistik. Dan kami sempat menikmati penampilan The Cangcuters saat membawakan sebuah lagu. “belajar bahasa inggris” yang membuat hysteris para crew, da mengabadikannya di layar kamera.

Pada lobi utama tersebut langsung dibanjiri warna biru, seragam khas Metro Tv, dengan kamera-kamera besar dan berlilit-lilit kabel panjang. Selain itu terdapat sebuah patung perempuan yang dibalut dengan kain hitam. Mba Riri menjelaskan bahwa patung itu awalnya tidak berbalut kain hitam, dan tidak memiliki filosofi yang special. “ tidak ada, ya.. hanya karena pemimpin Metro Tv itu memang suka sekali dengan seni.” Penjelasannya kepada kami. Saat itu tidak semua ruangan terdapat banyak orang, karena sedang pada tugas dan on air di luar. “sebelumnya kami minta maaf, kantor agak sepi. karena temen-temen Metro yang lain banyak yang sedang tugas diluar.” Ungkapnya.

Mba Dewi mengantarkan kami berkeliling kantor redaksi Metro Tv yang berlantai dua tersebut, dan menjabarkan kepada kami mengenai tempat-tempat di Metro Tv. Ia mengatakan bahwa Metro Tv memiliki Studio siaran sebanyak tiga Studio, dan satu diantaranya adalah studio baru yakni studio 3, yang baru akan di louncing. Dan ke tiga Studio itu adalah…………………… kami pun sempat melihat studio yang menjadi tempat Talk Show Mario Teguh. Studio tersebut, saat itu sedang di setting untuk acara Talk Show……….., studio yang tidak terlalu luas, dengan pencahayaan yang lengkap dan kapasitas tempat audiens yang lumayan banyak mejadi bagian dari aksesoris studio tersebut.

Studio metro Tv yang lainya yaitu studio “News” yang memakai system Green Screen atau Blue Screen. Studio itu terdapat dibawah ruangan, dengan pencahayaan yang begitu terang dan hanya terdapat sebuah meja redaksi. Dengan kamera besar? dan layar kamera?. Sebelum memasuki kawasan itu, kami segera mendapat rambu-rambu untuk tenang dan tertib saat akan ke studio news tersebut. “ kalian harus sangat tenang ya temen-temen, karena dikhawatirkan akan mengganggu temen-temen  Metro yang sedang sibuk.” Ungkapnya sambil tersenyum.

Dalam pantauan Crew Jurnalistik, Di sepanjang koridor, saat akan ke studio news, terpampang secara berjejer wajah-wajah presenter berita atau anchor yang terbingkai ukuran besar dengan warna silver, dan lantai yang beralas karpet merah, kemudian cahaya lampu redup, dan pintu-pintu ruangan rapat staf-staf redaksi yang bersifat terutup. Kemudian banyak meja redaksi dengan satu unit computer disetiap meja tersebut, untuk pembuatan berita oleh para wartawan. Mba Riri memberi kebijakan kepada kami untuk melihat studio tersebut secara bergantian sebnyak lima orang. Seusai itu kami melanjutkan untuk singgah ke kantor redaksi Media Indonesia yang berlokasi disebelah gedung Metro Tv, namun masi satu wilayah Metro Tv.

Setelah itu kami kembali ke lobi, dan kami mendapat kesempatan foto bersama dengan personil The Cangcuters. Para crew mengaku sangat senang dan mendapat rejeki nomplok. Seusai itu kami berfoto-foto bersama dengan menggunakan spanduk Jurnalistik sebagai maskotnya. Kemudian dilanjutkan acara makan-makan, dengan bekal yang dibawa dan melakukan system barter untuk saling berbagi makanan, sehingga menunya rame-rame rasanya. Pukul 12.30, pak wordi menancapkan gas kembali, membawa kami untuk tamasya yang ke dua yaitu ke kantor redaksi Oke Zone.com. namun, sebelum itu kami hinggah di Masjid Istiqlal, Jakarta, untuk menunaikan sholat dzuhur.

Jurnalistis pesat, Punya nama di Okezone.com

Okezone.com berada dilantai empat di gedung HighEnd Building, yang mempunyai lahan parkir depan tidak terlalu luas dan berposisi tepat di depan jalan raya Kebon Sirih Kav. 17-19 Jakarta yang kerap padat merayap kondisi jalan tersebut.  Gedung tersebut juga biasa disebut gedung Bimantara. Menurut data dalam statistik, Okezone.com adalah media online yang menduduki peringkat kedua setelah media Detik.com.

Dalam pantauan Crew Jurnalistik, crew okezone.com berbeda dengan crew Metro Tv yang memakai seragam. setiba disana, kami juga disambut hangat oleh Mba Riva, seorang asisten Redaktur yang menggunakan kerudung pasmina berwarna pink, dengan polkadot berwarna hitam, dan matanya yang berhias kacammata tersenyum ramah kepada kami. Kemudian kami langsung menuju lantai empat dan menempati ruangan meeting yang tidak terlau besar, namun cukup menampung kami, yang berjumlah 41 orang ini. Dalam ruangan meeting tersebut terdapat meja berbentuk oval yang memanjang dan kursi-kursi ala kursi seorang meneger yang berawarna merah, dengan 1 unit layar LCD dan dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC).

Redaktur OkeZone.com menyapa kami dan akan memberikan materi langsung mengenai dunia Jurnalis online secara umum dengan menggunakan slide show yang sangat menarik, dilayar LCD. Dan kami diperkenalkan kanal-kanal okezone.com yang memiliki 15 kanal, diantaranya memiliki kanal special yang tidak ada di media Online lain yaitu Kanal Euro. “kami berikan informasi khusus mengenai Euro, khusus untuk masyarakat yang haus informasi Euro.” Ungkap redaktur. Sebelum ke materi kami disuguhkan aneka kue kering dan air gelas. Kemudian redaktur meminta kami memperkenalkan diri masing-masing dan menyebutkan cita-cita serta alasan memilih student day jurnalistik. Kami pun semangat mengutarakan itu.

Crew Jurnalistik mengaku sangat senang dan mendapat banyak motivasi dari penjelasan panjang yang dijabarkan oleh redaktur, akhirnya sesi Tanya dibuka, dan kami pun tidak mau lewatkan ini. Dua sesi pertanyaan dibuka dan ada 6 orang yang bertanya. seusai itu mereka mendapatkan bingkisan cantik berupa tas khas okezone.com. acarapun semakiun heboh, karena kuis dimulai yang memperebutkan sebuah novel.

Redaktur, kembali mengakjak kami berkeliling ruangan di Okezone.com, diantaranya adalah ruang redaksi, tempat para wartawan mengolah berita, hingga ke ruang pemimpin redaksi (pemred) dan kami bersalaman dengan beliau. Kami pun melimpahkan pertanyaan-pertanyaan langsung kepada para wartawan seputar rasa penasaran kami tentang dunia wartawan dengan permisi dan pendekatan yang baik. Dalam pantauan kami, tuangan tersebut sangat ramai karena saat itu sudah sore sehingga para wartawan yang dilapagan sudah kembali ke kantor untuk mengolah berita. “kalau pagi, itu biasanya para wartawan dilapangan, dan baru kembali sore hari, bahkan malam.” Ungkapnya.

Selama kegiatan kunjungan, crew okezone.com sangat ramah kepada kami, dan  banyak dibubuhi canda tawa. Saat penutupan redaktur memberikan semangat kepada kami untuk menjadi jurnalis yang professional. “lima tahun lagi saya tunggu ade-ade untuk bergabung di okezone.com, dan wawancara kalian harus beri tahu kami bahwa kalian adalah alumni jurnalistik SMA Plus PGRI Cibinong.” Ungkapnya. Para crew mengaku sangat senang mendapat kabar seperti itu, dan dijadika penyemangat belajar.

Redaksi okezone.com juga menerima kiriman Rilis dan Berita dari pembaca atas suatu masalah. Isi dari Rilis dan Berita sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan Rilis atau Berita jika dianggap tidak etis dan berbauSARA.  Pembaca dapat mengirimkan materi Berita dari Anda melalui form yang tersedia atau melalui email: beritaanda[at]okezone.com atau via pos ke alamat redaksi okezone: Atau fax: (021) 390.2295 dengan melampirkan alamat dan foto diri yang jelas.

Curhatannya Jurnalis, di kantor redaksi Rakyat Merdeka

Kantor redaksi Rakyat Merdeka yang berada di gedung Jawa Post itu, beralamat di Graha Pena, Lantai. 9, Jalan Raya Kebayoran Lama No. 12, Jakarta Selatan, Tel: 021-5348460, 021-53650921 Fax: 021-53671716. Dalam perjalanan kesana dari kantor okezone.com menempuh waktu selama tiga jam dengan dihiasi macet panjang dan melewati pemandangan proyek pembangunanan jalan layang. Setiba disana kami langsung terpana dengan sebuah mobil……………….. yang menjadi……………………..
Mata sayup-sayup para crew hilang sudah saat memasuki lantai Sembilan, yang terdapat banyak meja redaksi dengan ruangan yang luas dan satu ruangan metting yang dihiasi banyak piala. Kami pun disambut oleh wakil pemimpin redaksi, Irvan (28). Dan diarahkan menuju ruang metting yang sudah tersedia gorengan dibeberapa piring ukuran besar dengan sebotol air putih. “ini semua sudah kami siapkan dari shubuh lohh” ungkapnya sambil bercanda.

Di ruangan tersebut, kami mendapat banyak cerita dari pengalaman-pengalaman sang wakil pemred tersebut selama berkiprah di dunia wartawan. Para crew jurnalistik banyak mendapat bayangan tentang suka duka nya menjadi seorang wartawan. Selain itu, mendapatkan cara-cara untuk menjadi seorang wartawan. “siapapun bisa menjadi seorang wartawan, walau tidak dari jurusan ilmu komunikasi. Selama seseorang itu suka tantangan dan ada talenta menulis serta suka dunia lapangan.” Ungkapnya. Sekitar pukul 10.00 WIB kami dalam perjalanan pulang yang mengambil jalur Jakarta-Cibubur. Tamasya yang menyenangkan tanpa dana yang menyulitkan. Bahaginya para crew menjadi jurnalis muda di student day Jurnalistik.






Tidak ada komentar: