kenangan

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Senin, 05 Desember 2011

Waw! Asiknya Mengintip Ramadhan di Luar Negeri

Oleh: Fitri, Mutiara, dan M.R izky


Bulan Ramadhan ? Siapa sih yang nggak tahu bulan yang satu ini. Bulan yang datangnya tepat satu tahun sekali ini, kegiatan yang wajib bagi para muslim di dunia saat ramadhan ini yaitu berpuasa. Tapi pernah nggak  kalian  berpikir kegiatan puasa di setiap Negara itu berbeda-beda? Mulai dari menu makanan sampai kegiatan keseharian mereka. Nah, kami crew Student Day Jurnalistik nyempetin nih, mengulik serunya cerita ramadhan di berbagai negeri.
Di Indonesia setiap daerah punya makanan khas tersendiri yang hanya ada saat bulan puasa tiba saja .Salah satunya itu adalah kolak dan ciri khas lainnya adalah pada saat sahur pasti selalu ada orang yang berkeliling untuk membangunkan sahur. Di setiap mesjid-pun menyediakan ta’jil untuk berbuka puasa bagi masyarakat di sekitar masjid ataupun orang yang sedang bersinggah. Pernah kebayang nggak sih kalau warga Indonesia yang sedang menjalankan puasa di luar negeri itu gimana? Ribet kah? Atau malahan lebih mudah dibandingkan di Indonesia?
Nah salah satunya adalah Agung Shafari seorang cowo berusia 17 tahun dari Indonesia yang sudah tinggal di Amerika sejak kurang lebih 4-5 tahun yang lalu, di Amerika Agung ini tinggal di Florida bersama dengan kedua kakanya dan ayahnya. Ibunya sendiri tinggal di Indonesia bersama adiknya.
mm.. Seberapa Unik yaa.. ramadhan di Amerika?
Suasana di Amerika itu katanya banyak godaannya tapi bukan godaan amarah melainkan godaan para wanita, maklum amerika sendiri di sebut-sebut juga Negara bebas jadi jangan heran deh kalo ketemu wanita yang pakaiannya sexy di sana dan satu lagi godaan makanannya juga jangan di anggap remeh soalnnya mayoritas penduduk bukan orang islam sih “suasana ramadan di amrik yah enak-enak aja terkadang suka ada godaan. Nah godaan itu bukan amarah tapi  makanan bahkan cewe-cewe hehehe” kata si Agung.
 Kalo soal masjid di sekitar Florida kira-kira ada dua puluh mesjid yang dibangun (lumayan banyak juga) dan mesjidnya ini gede-gede yang dilindungi dan dilengkapi camera pengintai (kerennya), dan di mesjid ini juga disediakan makanan gratis juga loh “disetiap masjid disini juga disediain makanan saat berbuka puasa for free hehe. kebanyakan makanan nya nasi kebuli” tutur Agung. Kalo soal nasi kebuli sih ia mengaku lebih enak nasi kebuli di sana dari pada di Indonesia soalnya di sana nasi kebulinya langsung di masak sama orang arabnya.
Enaknya lagi kalo di sana itu kalo saur nggak ada yang teriak “SAHUR.. SAHUR..” jadinya enggak berisik kaya di indonesia, jadi ya si Agung ini kalo sahur di bangunin sama jamnya. Hal unik di amerika adalah warganya yang menghormati setiap agama “Ada juga yg unik bro kalau loe lagi puasa di amrik dan bilang loe lagi puasa orang amrik nya pada  ngumpetin makanan nya,  kalo yang namanya agama disini tuh sangat di respect-in apapun agamanya” katanya. Jika di Indonesia harga sembako membeludak, lain halnya dengan di amerika, di amerika harga makanan tidak mengalami penaikan malahan bisa terjadi discount. “kalo harga gak ada kenaikan malah kadang-kadang bisa discount hehe belanja jadi asik hehe.” Ceplos nya dengan ceria.
Saat di Tanya ta’jil ia mengaku tidak tau ta’jil itu apa mungkin karena cukup lama di Amerika “ta`jil apaan tuh hehe” ungkapnya dengan polos. Saat di Tanya ramadhan lebih enak di amrik atau di Indonesia ia menjawab “kalo untuk keamanan saat ramadhan enakan di amrik soalnya disini tuh sangat sangat di proteck banget nggak kaya di indonesia kalo mau deket-deket  lebaran kita harus hati-hati  banyak barang yg hilang (bukan maksud menyinggung hehe) tapi kalo suasana ramadhan enakan di Indonesia, kalau di Indonesia sangat berfariatif dan makanan nya pun banyak yang enak-enak kalau buat gue sih enak kan ramadhan di Indonesia soalnya banyak waktu luang untuk keluarga”. Ungkapnya

Tidak ada komentar: